Selamat Datang di SDN Tanjung Salep

Menjadi Guru Modern

Posted by Unknown 12:56, under |


Menjadi Guru Modern

Pengajar, pendidik, guru adalah profesi yang tak lekang oleh waktu. Jika berbicara mengenai dunia edukasi, pembahasan mengenai profesi yang satu ini selalu menjadi topik yang tak bisa dilewatkan. Pada artikel sebelumnya, Mr. Edol sempat membahas mengenai karakteristik guru abad 21. Kali ini, Mr. Edol mendapatkan artikel terbaru dari Jeff Dunn dalam artikelnya di edudemic.com mengenai skill yang harus dimiliki oleh seorang guru modern. Yang dimaksud dengan modern di sini adalah skill guru yang selalu terupdate, mengikuti perkembangan dan menempatkan diri dengan perkembangan anak didik dan dunia pendidikan yang terjadi di lingkungan kerja terdekat maupun secara global.

Seperti apa sih beberapa skill yang harus dimiliki seorang guru modern? Simak kriterianya berikut.

1. Memiliki jaringan online atau profesional networking sebanyak-banyaknya

Sebagai seorang pendidik, guru hendaklah mempunyai networking yang luas, terutama membangun networking di dunia pendidikan, baik itu antar guru, orang tua, pemerhati pendidikan, dan oang-orang yang berhubungan dengan dunia pendidikan pada khususnya. Dengan memiliki network seluas-luasnya, seorang guru akan memiliki juga wadah untuk bertukar pikiran, berdiskusi, update knowledge tentang apapun, sehingga menjadikannya seorang profesional yang berwawasan luas dan terbuka pada perkembangan global yang ada. Jadi jangan segan-segan untuk meng update twitter, google plus, facebook atau apapun yang bisa mendukung networking.

2. Perbanyak temu muka dan berkomunikasi langsung dengan rekan seprofesi

Mendatangi seminar ataupun diskusi pendidikan bisa menjadi salah satu cara untuk membangun relasi dengan orang-orang seprofesi maupun praktisi pendidikan lainnya. Teacher’s Talent Competition di event GENPRES yang diadakan kesekolah.com merupakan salah satu wadah untuk temu muka bagi guru-guru. Dengan mengikuti ajang kompetisi kreatifitas ini, guru dipertemukan dengan guru dari berbagai sekolah untuk unjuk gigi. Ajang seperti ini bisa menjadi cara untuk memperluas networking antar guru.

3. Perluas pengetahuan tentang teknologi untuk edukasi

Tak bisa dipungkiri, teknologi mengambil bagian penting di dunia edukasi. Cara mengajar dan pembelajaran mulai bergeser menjadi lebih praktis danmobile karena teknologi. Perbanyak artikel dan sumber informasi mengenai bagaimana menggunakan simple tools untuk memaksimalkan cara mengajar dan pembelajaran di kelas. Luangkan waktu untuk mengeksplore teknologi yang memungkinkan pembelajaran bisa lebih fun, seru dan menarik sehingga anak didik selalu mendapatkan pengajaran baru yang inovatif. Hal ini akan memaksimalkan transformasi pengetahuan yang anak didik butuhkan.

4. Mengetahui berbagai resource edukasi 

Semakin banyak sumber, semakin banyak pengetahuan baru yang didapat. Dengan mengetahui sumber informasi mengenai pendidikan sebanyak-banyaknya, guru dapat memperluas cara dalam mengakses materi pembelajaran. Kesekolah.com bisa menjadi salah satu sumber yang sangat bisa dimanfaatkan sebagai sumber informasi. Kesekolah.com selalu memperbaiki diri untuk menjadi sumber yang baik untuk dunia edukasi, termasuk untuk para guru. Lintas ide dan aspirasi dari guru siap ditampung dan dibagikan secara online oleh kesekolah.com. Jangan ragu untuk berbagi ilmu dan pengetahuan.

5. Menulis sebanyak-banyaknya

Menulis mengenai expertasi di bidangnya bisa menjadi salah satu cara untuk menunjukkan existensi profesional. Blogging sudah menjadi hal yang sering ditemukan di dunia edukasi. Kesekolah.com pun siap menjadi wadah untuk menampung ide maupun aspirasi profesional guru. Sebagai contoh ada dokter kecil yang menulis tentang kesehatan, Hanlie Muliani M.Psi juga menulis mengenai psikologi anak dan Agus Sampurno sebagai seorang guru yang menulis mengenai solusi edukasi portfolio elektronik.

6. Jangan pernah takut mencoba

Selalu kreatif dan inovatif menjadi salah satu dari sekian modal dasar yang harus dimiliki oleh guru. Jangan berhenti untuk melakukan trial and error untuk mengaplikasikan cara baru ataupun teknologi baru dalam pembelajaran. Semakin banyak kreasi yang dilakukan, seorang guru akan selalu mempunyai banyak cara baru dalam mengajarkan pengetahuan kepada anak didik.

Masih banyak lagi pastinya hal yang bisa meng-update skill guru. Semangat dalam mengajar dan belajar menjadi salah satu kunci juga ya. Keep updated, teacher!

Komentar Facebook
0 Komentar Blogger